GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5 No 2 (2025): Juli 2025

IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI BAGI MURID DI SEKOLAH DASAR INPRES ENAKTER

Nababan, Sudarwati (Unknown)
Wata, Rafaelis Stefanya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Kemampuan literasi SD Inpres Enakter Kecamatan Waiblama Kabupaten Sikka berdasarkan hasil Asesemen Nasional berwarna merah. Hal ini berarti lebih dari 60% murid tidak mencapai batas kompetensi minimum untuk kecakapan literasi. Literasi bagi murid penting karena pembiasaan dan kecakapan literasi sejak dini dapat membuka wawasan pengetahuan murid yang lebih luas, sebagai bekal untuk menghadapi tantangan global. PkM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi murid di SD Inpres Enakter melalui program literasi. Program yang telah dilaksanakan sesuai rencana aksi kolaborasi dengan warga sekolah yaitu mading sekolah, pohon literasi, pojok baca, revitalisasi perpustakaan, reading award, duta perpustakaan dan poster literasi. Hasil pretest Analisis Kompetensi Minimum kelas diketahui 60% murid tidak mencapai batas kompetensi minimum. Hasil posttest menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi murid sebesar 23%. SD Inpres Enakter diharapkan tetap melanjutkan semua program

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ganesha

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Social Sciences

Description

Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan konseptual serta hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pengabdian masyarakat. Jurnal Ganesha dipublikasikan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli. Junal Ganesha secara khusus menitikberatkan pada ...