GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5 No 2 (2025): Juli 2025

PELATIHAN MANAJEMEN PROYEK DI SMK NEGERI 2 KLATEN DAN SMK MUHAMMADIYAH 1 KLATEN UTARA

Susila, Herman (Unknown)
Nursetyo, Gatot (Unknown)
Putra, Yusuf Agtya (Unknown)
Saputra, Aldi Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Sumber daya manusia di bidang konstruksi dapat dicetak sejak jenjang pendidikan menengah kejuruan, khususnya melalui siswa-siswi SMK dengan kejuruan berbasis konstruksi. Kabupaten Klaten memiliki lima SMK yang fokus pada bidang ini, dua di antaranya adalah SMK Negeri 2 Klaten dan SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Meskipun memiliki potensi besar dalam bidang teknik dan manajemen proyek, masih banyak siswa yang belum memiliki pemahaman profesional dalam pengelolaan proyek. Untuk itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis edukasi dilakukan dalam bentuk pelatihan manajemen proyek, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia konstruksi di Kabupaten Klaten. Pelatihan dilaksanakan pada Januari 2025, diikuti oleh siswa kelas XI jurusan DPIB dan TKBB dari kedua sekolah tersebut, dengan total peserta 105 siswa. Materi pelatihan meliputi pengenalan proyek, manajemen proyek, serta kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Kegiatan ini mencakup pre-test, penyampaian materi, diskusi interaktif, quiz, dan post-test. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa terhadap pentingnya pengelolaan proyek konstruksi secara profesional dan aman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ganesha

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Social Sciences

Description

Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan konseptual serta hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pengabdian masyarakat. Jurnal Ganesha dipublikasikan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli. Junal Ganesha secara khusus menitikberatkan pada ...