Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam mengimplementasikan visi dan misi di SMK Negeri 2 Marabahan serta keterkaitannya dengan kinerja sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan strategi yang terarah, termasuk pembagian peran sesuai kompetensi, kepemimpinan visioner, pelibatan aktif dalam perencanaan hingga eksekusi program, dan penguatan budaya kolaboratif. Visi dan misi tidak hanya menjadi dokumen formal, tetapi diinternalisasi ke dalam setiap kebijakan dan kegiatan operasional sekolah. Capaian prestasi siswa dan guru serta status sekolah sebagai SMK-PK dan BLUD menjadi bukti konkret keberhasilan implementasi strategi tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keselarasan antara visi, misi, dan praktik kinerja sekolah secara nyata dapat membentuk identitas kelembagaan yang kuat dan meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan
Copyrights © 2025