Jurnal Pengabdian Kompetitif
Vol. 4 No. 1 (2025)

MEMBANGUN IDENTITAS INSTITUSI MELALUI KEBIJAKAN PENDIDIKAN: STUDI TENTANG PENYELARASAN VISI, MISI, DAN KINERJA DI SMK 2 MARABAHAN

Nor Azizah (Unknown)
Widy Noviani (Unknown)
Maya Madina (Unknown)
Hairullah (Unknown)
Ahmad Suriansyah (Unknown)
Ratna Purwanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam mengimplementasikan visi dan misi di SMK Negeri 2 Marabahan serta keterkaitannya dengan kinerja sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan strategi yang terarah, termasuk pembagian peran sesuai kompetensi, kepemimpinan visioner, pelibatan aktif dalam perencanaan hingga eksekusi program, dan penguatan budaya kolaboratif. Visi dan misi tidak hanya menjadi dokumen formal, tetapi diinternalisasi ke dalam setiap kebijakan dan kegiatan operasional sekolah. Capaian prestasi siswa dan guru serta status sekolah sebagai SMK-PK dan BLUD menjadi bukti konkret keberhasilan implementasi strategi tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keselarasan antara visi, misi, dan praktik kinerja sekolah secara nyata dapat membentuk identitas kelembagaan yang kuat dan meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pengabdian_kompetif

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kompetitif (ISSN Online: 2830-0661) diterbitkan oleh Komunitas Manajemen Kompetitif. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan Nopember. Jurnal ini berisi artikel-artikel seperti karya ilmiah (riset dan non-penelitian), studi analitis, aplikasi teoritis dan ulasan ...