Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penyampaian nilai-nilai keislaman yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, khususnya dalam memahami konsep hukum halal dan haram. Materi tersebut memegang peran penting dalam pembentukan karakter dan sikap religius siswa, namun dalam praktiknya seringkali ditemukan ketidaksesuaian antara isi bahan ajar dan kebutuhan kontekstual siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui studi kritis bahan ajar pai dan budi pekerti pada materi hukum halal dan haram kelas vi sd negeri Sindangsari. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi RPP, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun bahan ajar telah mencakup konsep dasar halal dan haram, namun masih ditemukan kekurangan dalam aspek kedalaman materi, penggunaan bahasa yang kurang komunikatif, serta minimnya ilustrasi kontekstual yang sesuai dengan kehidupan siswa. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan bahan ajar yang lebih adaptif, kontekstual, dan berbasis nilai-nilai kehidupan sehari-hari guna meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2025