eProceedings of Management
Vol. 11 No. 5 (2024): Oktober 2024

Faktor Yang Mempengaruhi Visit Intention Pada Konsumen Coffee House Ramah Lingkungan (Studi Kasus Caboot 1911 Yogyakarta)

Qulsum, Umi (Unknown)
Hidayatulloh, Deden Syarif (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Permasalahan lingkungan semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Secara tidak langsung hal tersebut menjadituntutan besar bagi perusahaan untuk mengembangkan ide dalam mencari strategi jalan keluar untuk meminimalisirmasalah lingkungan yang semakin meningkat dengan menerapkan konsep ramah lingkungan didalam prosesbisnisnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui visit intention (niat berkunjung) pada konsumen coffee houseramah lingkungan Caboot 1911 Yogyakarta. Penelitian dilakukan berlandaskan theory of planned behavior denganmenganalisis bagaimana pengaruh attitude, environmental friendly activities, perceived behavioral control, dansubjective norm terhadap visit intention pada konsumen coffee house ramah lingkungan Caboot 1911 Yogyakarta.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif menggunakan tipepenyelidikan kausal dengan teknik Structural Equation Modeling (SEM). Pengambilan data dilakukan melaluipenyebaran kuesioner secara online kepada 100 individu yang belum pernah mengunjungi coffee house ramahlingkungan Caboot 1911 Yogyakarta. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa attitude danenvironmental friendly activities berpengaruh terhadap visit intention pada konsumen Caboot 1911 Yogyakarta.Sedangkan variabel subjective norm dan perceived behavioral control tidak mempengaruhi visit intention padakonsumen coffee house ramah lingkungan Caboot 1911 Yogyakarta. Penulis menyarankan agar Caboot 1911Yogyakarta meningkatkan kualitas karyawannya baik dari segi attitude dan juga pelayanan, mengadakan beberapakegiatan ramah lingkungan, dan meningkatkan subjective norm dari karyawan sehingga konsumen bisa meningkatkanvisit intention ke coffee house ramah lingkungan Caboot 1911 Yogyakarta. Kata Kunci-visit intention, ramah lingkungan, coffee house, Theory of Planned Behavior (TPB)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...