Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung di Kota Surakartadengan ekonomi kreatif sebagai variabel mediasi. Kota Surakarta dikenal dengan kota budaya serta kotaseniman. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana elemen-elemen ini berkontribusi dalammeningkatkan kunjungan wisatawan. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakanregresi linier berganda. Pendahuluan menjelaskan pentingnya pariwisata dalam perekonomian Indonesiadan daya tarik wisata spesifik di Kota Surakarta, yaitu Ngarsopuro Night Market, dan Street Art Market.Tinjauan pustaka mendalami teori dan studi sebelumnya tentang pariwisata, daya tarik wisata, dan ekonomikreatif, membangun kerangka kerja untuk memahami keterkaitan dan dampaknya terhadap keputusanberkunjung wisatawan. Metodologi menjelaskan desain penelitian, populasi, sampel, metode pengumpulandata, dan teknik analisis yang digunakan untuk memeriksa hubungan tersebut. Hasil penelitian menyorotiefek positif yang signifikan dari daya tarik wisata dan ekonomi kreatif dalam menarik wisatawan keSurakarta, memberikan bukti statistik yang mendukung hipotesis. Kesimpulan merangkum temuan utama,menekankan peran daya tarik dan ekonomi kreatif dalam meningkatkan pariwisata, dan memberikanrekomendasi bagi pemangku kepentingan untuk meningkatkan segala daya tarik pada wisata KotaSurakarta sebagai destinasi wisata. Rekomendasi ini termasuk memperkuat kerjasama antara pengrajinlokal, pelaku bisnis, dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan promosi dan pengembangan produkwisata. Dengan demikian, Surakarta dapat lebih dikenal sebagai kota yang kaya akan warisan budaya sertakreativitas yang mampu menarik lebih banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kata kunci-daya tarik wisata; ekonomi kreatif; keputusan berkunjung
Copyrights © 2024