eProceedings of Management
Vol. 11 No. 5 (2024): Oktober 2024

Pengaruh penggunaan E-commerce Shopee Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Telkom University

Azzahra, Hanna Vennsalvanya (Unknown)
Hatammimi, Jurry (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Shopee adalah platform belanja online yang memudahkan transaksi melalui smartphone. Generasi muda, khususnyaGen Z, belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi ini untuk berwirausaha. Penelitian kuantitatif ini mengumpulkandata numerik dan melakukan analisis statistik untuk menemukan solusi praktis, terutama dalam mengidentifikasihubungan sebab-akibat antara dua variabel. Hasil analisis deskriptif menunjukkan adanya korelasi positif antarapenggunaan e-commerce Shopee dan minat berwirausaha mahasiswa Telkom University. Skor tertinggi (92,80%)menunjukkan bahwa kesadaran akan keamanan digital penting dalam memilih platform e-commerce, yang jugameningkatkan minat berwirausaha. Namun, skor terendah (88,40%) menunjukkan kurangnya pengetahuan tentangberwirausaha melalui e-commerce. Secara keseluruhan, setiap peningkatan 1% dalam penggunaan e-commerceterkait dengan peningkatan 0,526% dalam minat berwirausaha. Pengaruh penggunaan Shopee terhadap minatberwirausaha mahasiswa Telkom University adalah sebesar 52,6%, menunjukkan bahwa Shopee memberikaninformasi yang signifikan untuk memprediksi minat berwirausaha mahasiswa. Kata Kunci-e-commerce, minat berwirausaha, toko online

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...