INVENTION: Journal Research and Education Studies
Volume 6 Nomor 2 Juli 2025

Peran Sentral Bagian Hubungan Masyarakat di Sekolah untuk Peningkatan Mutu Pedidikan di Sekolah

Hadi, Khairul (Unknown)
Lubis, Khoirunnisaiyah (Unknown)
Rosmiaty, Rini (Unknown)
Hairani, Ummy (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sentral hubungan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah melalui berbagai mekanisme dan cara keterlibatan masyarakat. Humas memiliki peran penting sebagai penghubung antara sekolah dan masyarakat dalam membangun kepercayaan, menyebarluaskan informasi, serta menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih transparan dna partisipatif. Dalam penulisan ini, pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan penelitian pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi yang efektif, baik melalui media digital, pertemuan rutin, maupun publikasi insitisional, berdampak positif terhadap citra sekolah serta menigkatkan keteerlibatan masyarakat dalam proses pendidikan. Humas yang dikelola denga baik dapat memperkuat hubungan antara sekolah dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, dunia usaha, serta organisai sosial, sehingga mendukung pengembangan program pendidikan yang lebih berkelanjutan. Penerapan manajemen humas yang optimal juga terlihat dalam peningkatan motivasi belajar siswa, pertisipasi aktif wali siswa dalam kebijakan pendidikan, serta peningkatan mutu pengajaran melalui program pelatihan guru dan pengadaan fasilitas pendidikan yang memadai. Dengan demikian, peran humas dalam pendidikan bukan sekedar administratif, tetapi juga elemen strategis yang berkontribusu dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih berkualitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jres

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Invention invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to Education, which include textual and field studies with various perspectives, Educational Management, Educational Policy, Educational Technology, ...