eProceedings of Management
Vol. 11 No. 6 (2024): Desember 2024

Makna Kecantikan dalam Iklan Citra

Disty, Nur Annisa (Unknown)
Adim, Adrio Kusmareza (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Saat ini banyak perusahaan pada bidang kecantikan yang melakukan iklan dengan menampilkan perempuan denganbentuk fisik yang sempurna seperti kulit yang putih, badan yang langsing, rambut yang hitam panjang, tubuh yangtinggi, sesuai dengan standar kecantikan yang dibangun oleh media massa dan masyarakat serta denganberkembangnya industri periklanan, nilai-nilai budaya Indonesia mulai terabaikan. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui bagaimana representamen, objek, interpretan dan makna kecantikan pada iklan Citra <RagamCantik Indonesia Citra=. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori analisissegitiga makna Charles Sanders Peirce yaitu representamen (qualisign, sinsign, legisign), objek (ikon, indeks, simbol)dan interpretan (rhema, dicisign, argument). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan ini menampilkankecantikan yang berbeda dari apa yang biasanya diperlihatkan dalam iklan produk kecantikan lainnya, dengan fokuspada keberagaman warna kulit dan kebudayaan Indonesia serta perempuan Indonesia memiliki kemampuan untukmenampilkan keindahan dari berbagai warna kulit orang-orang Indonesia. Peneliti berharap, melalui penelitian inipengiklan bisa lebih banyak memproduksi iklan kecantikan yang menampilkan model perempuan dengan berbagaiwarna kulit untuk mencerminkan keberagaman kecantikan perempuan Indonesia dan dapat menyampaikan pesan yangpositif untuk mendukung semua perempuan Indonesia. Kemudian, peneliti berharap penelitian ini juga dapatdikembangkan untuk penelitian selanjutnya dengan menggunakan teori-teori lainnya seperti teori semiotika RolandBarthes, teori konstruksi realitas sosial dan dapat melakukan wawancara dengan para informan. Kata Kunci-iklan, makna kecantikan, semiotika, Charles Sanders Peirce

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...