Di era media digital, konglomerasi serta komodifikasi media marak terjadi, fungsi utama media sebagai tempatmemberi informasi kepada khalayak telah beralih fungsi menjadi wadah bagi berbagai perusahaan media untukmendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Di sini, eksistensi media lokal menjadi sangat penting sebagai pengisiinformasi faktual kepada masyarakat sekitar. Pada penelitian kali ini, penulis akan mengkaji dengan menggunakanmetode penelitian kualitatif tentang pendekatan bisnis media lokal bandungbergerak.id serta implikasinya terhadapperforma jurnalisme. Media ini menjadi perhatian penulis karena kemampuan mereka untuk membuat tulisanberkualitas yang mengangkat isu-isu yang jarang diangkat oleh media arus utama meski hanya berbentuk media lokal.Penelitian ini akan mengungkap apa saja metode yang dilakukan oleh pihak bandungbergerak.id dalam mendapatkanbiaya operasional agar bisa bertahan serta konsisten membuat laporan di tengah gempuran media besar yangmendapatkan banyak keuntungan via iklan dan traffic, sehingga seringkali justru tulisan media besarlah yang bersifatclick-bait dengan sedikit atau bahkan tanpa perhatian terhadap kualitas. Kata Kunci-Media lokal, pendekatan bisnis, bandungbergerak.id, kualitas jurnalisme, bertahan, keuntungan
Copyrights © 2024