Anggota Kodim (Komando Distrik Militer) 0314 Inhil (Indragiri Hilir) masih belum dapat secara maksimalmenguasai kemampuan ilmu IT maka dilaksanakan beberapa program publikasi pada Kodim 0314/Inhil untukmengatasi kegagalan dalam mempublikasikan informasi dan kegiatan yang sedang dijalankan oleh TNI-AD. Tujuanpenelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Humas Komando Distrik Militer (Kodim) 0314Kabupaten (Inhil) Indragiri Hilir dalam membangun citra instansi (TNI-AD) Tentara Nasional Indonesia AngkatanDarat. Teori yang digunakan berdasarkan Cutlip-Center-Broom dimana dalam menjalankan program hubunganmasyarakat harus melibatkan empat langkah pemecahan masalah hubungan masyarakat yaitu mengidentifikasimasalah, perencanaan, melakukan tindakan, serta evaluasi program. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara,dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan Strategi Humas Kodim (Komando Distrik Militer) 0314Kabupaten Inhil (Indragiri Hilir) dalam Membangun Citra Instansi Tni-Ad (Tentara Nasional Indonesia AngkatanDarat) pada pelaksanaanya di lapangan terlihat sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari penggunaan mediasosial sebagai sarana membangun citra baik dari kodim 0314/inhil dan pemuatan publikasi yang dirancang secaralangsung oleh kodim 0314/inhil. Namun hal ini masih terlihat belum maksimal dilihat dari sisi feedback darimasyarakat yang masih rendah. Kata Kunci-citra instansi, hubungan masyarakat, komando distrik militer, strategi cutlip
Copyrights © 2024