Rendahnya kemampuan numerasi siswa seringkali bersumber dari kurangnya minat, pemahaman konsep yang tidak memadai, atau metode pengajaran yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Games Based Learning (GBL) dengan bantuan media Wordwall terhadap kemampuan numerasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental tipe One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis yang terdiri dari 3 butir soal uraian. Dan analisis data menggunakan uji deskriptif, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data uji paired t-test menunjukkan nilai signifikansi (p-value) < 0,05 yang menghasilkan penolakan hipotesis nol (H0) dan penerimaan hipotesis alternatif (H1) secara jelas mengindikasikan pengaruh positif dan signifikan dari intervensi ini. Rata-rata skor Post-test (76,93) meningkat drastis dibanding Pre-test (52,43) yang membuktikan bahwa GBL didukung Wordwall efektif meningkatkan kemampuan numerasi. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran GBL yang didukung oleh media Wordwall memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan numerasi siswa SMPK Andaluri. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan sebagai strategi pedagogis yang prospektif. Untuk studi lanjutan, disarankan menggunakan desain eksperimen yang lebih kuat dengan kelompok kontrol dan mempertimbangkan durasi intervensi yang lebih panjang, serta melengkapi dengan evaluasi kualitatif untuk pemahaman yang lebih mendalam.
Copyrights © 2025