JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 15 No 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Model PjBL terhadap Peningkatan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 17 Medan

Deti Winarsi (Unknown)
Widia Ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya literasi sains peserta didik yang disebabkan oleh miskonsepsi dalam memahami konsep yang bersifat abstrak, serta model pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan literasi sains peserta didik pada materi virus kelas X SMA Negeri 17 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group, melibatkan dua kelas sebagai sampel, di mana kelas eksperimen menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dan kelas kontrol menggunakan model direct instruction. Selanjutnya, data dikumpulkan melalui tes literasi sains berupa pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney untuk menguji hipotesis dan uji N-Gain untuk mengukur keefektifan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model Project Based Learning terhadap peningkatan literasi sains peserta didik pada materi virus (Sig. 0,000<0,05), dengan tingkat keefektifan model PjBL dalam kategori sedang yang berarti model PjBL cukup efektif digunakan untuk meningkatkan literasi sains. Kemampuan literasi sains peserta didik pada aspek kompetensi, konteks dan konteks berada pada kategori medium dengan nilai masing-masing sebesar 64,45%, 63,09%, dan 59%. Dapat disimpulkan bahwa model PjBL dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...