Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Index Card Match. Pendekatan yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 68 Parepare tahun pelajaran 2024/2025 dengan jumlah siswa sebanyak 22. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi proses kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, di mana setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada proses pembelajaran siklus I guru mendapat kategori baik karena telah melaksanakan 17 dari 18 indikator, dan hasil evaluasi siswa berada pada ketegori kurang dengan persentase ketuntasan 41%. Pada siklus II proses pembelajaran guru mendapat kategori baik karena telah melaksanakan 18 dari 18 indikator, dan hasil evaluasi siswa berada pada ketegori cukup dengan persentase 68%. Dan pada siklus III proses pembelajaran guru mendapat kategori baik karena telah melaksanakan 18 dari 18 indikator, dan hasil evaluasi siswa berada pada ketegori baik dengan persentase 76%, dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Index Card Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 68 Parepare. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card; Hasil Belajar.
Copyrights © 2025