Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 2 (2025): JULI

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV UPTD SD Negeri 78 Parepare

Sri Heriani (Unknown)
Abdul Hakim (Unknown)
Muhammad Asrul Sultan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya tinkat keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses dan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) di kelas IV UPTD SDN 78 Parepare untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Penelitiani ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Karena subjek penelitian terdiri dari satu guru dan 18 peserta didik. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Hasilnya menunjukkan bahwa Siklus I proses pembelajaran berada pada kualifikasi kurang (K) dan keaktifan belajar peserta didik berada kategori Rendah. Siklus II, proses pembelajaran berada dikualifikasi cukup (C) dan keaktifan belajar peserta didik berada kategori Sedang. Pada siklus III, proses pembelajaran mencapai kualifikasi baik (B), dan keaktifan belajar peserta didik meningkat ke kategori Tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keaktifan belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...