Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada muatan IPAS materi bagian tubuh tumbuhan siswa kelas IV SD Negeri 8 Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK (penelitian tindakan kelas). Fokus dalam penelitan ini yaitu pada proses dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 berlokasi di SD Negeri 8 Pinrang. Subjek penelitian berjumlah 23 orang yang terdiri atas 12 peserta didik laki-laki, 10 peserta didik perempuan serta 1 orang pendidik dimana peneliti bertindak sebagai pendidik). Penelitian dilaksakan selama 3 siklus. Pelaksanaannya meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Indikator keberhasilan proses pada siklus I menunjukkan presentase 63,63% dengan kategori cukup (C) serta tes hasil belajar menunjukkan presentase 64,09% dengan kategori cukup (C). Pada siklus II indikator keberhasilan proses menunjukkan presentase 72,72% dengan kategori cukup (C) serta tes hasil belajar menunjukkan presentase 71,81% dengan kategori cukup (C). Pada siklus III indikator keberhasilan proses mencapai presentase 80,30% dengan kategori baik (B) serta tes hasil belajar mencapai presentase 80% dengan kategori baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS materi bagian tubuh tumbuhan siswa SD Negeri 8 Pinrang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025