Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 2 (2025): JULI

Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV UPT SD Negeri 5 Massepe

Nabila Muchtar (Unknown)
Natriani Syam (Unknown)
Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya keaktifan belajar siswa kelas IV. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Example Non Example untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS Kelas IV UPT SD Negeri 5 Massepe. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan model pembelajaran Example Non Example untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS di Kelas IV. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yaitu pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini berjumlah 17 yaitu 1 guru kelas IV dan siswa yang berjumlah 16. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian terkait proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan keaktifan belajar siswa berada pada kategori Baik. Siklus II hasil penelitian terkait proses pembelajaran berada dalam kualifikasi baik (B) dan keaktifan belajar siswa berada pada kategori Sangat Baik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan proses dan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS di Kelas IV UPT SD Negeri 5 Massepe.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...