Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 2 (2025): JULI

Penerapan Model Game Based Learning Berbantuan Wordwall Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Siswa Kelas V Barru

Yulia (Unknown)
Lukman (Unknown)
Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan motivasi belajar IPAS siswa melalui implementasi model game based learning yang didukung oleh wordwall. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas V (terdiri dari 12 laki-laki dan 16 perempuan) serta seorang guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan angket, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Capaian pada siklus pertama menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran berada pada kategori cukup, sementara motivasi belajar siswa tergolong cukup. Setelah adanya perbaikan pada siklus kedua, terjadi peningkatan menjadi kategori baik untuk aktivitas guru dan siswa, serta kategori sangat baik untuk motivasi belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model game based learning berbantuan wordwall berhasil meningkatkan proses pembelajaran dan motivasi belajar IPAS siswa kelas V di UPTD SD Negeri 145 Barru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...