Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 2 (2025): JULI

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Com-position (Circ) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SDN 33 Pinrang

Muh Nur Fahri Raihan Hw (Unknown)
Abd Halik (Unknown)
Muslimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Compotion (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman siswa sekolah dasar. Pendekatan pada penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian penelitian eksperimen menggunakan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa UPT SDN 33 Pinrang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada kelas V.1 dan V.2. Kelas V.1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas V.2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 orang. Data untuk hasil pada penelitian didapatkan melalui pemberian tes kemampuan membaca pemahaman berupa tes Pilihan Ganda dan essay yang setiap butir soalnya disesuaikan pada indikator Kemampuan membaca pemahaman yang terdapat pada materi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analisis statistik inferensial dengan Uji-T, menghasilkan nilai Sig (2tailed) = 0,000 < 0,05. Oleh karena itu H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian terdapat pengaruh kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...