Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Compotion (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman siswa sekolah dasar. Pendekatan pada penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian penelitian eksperimen menggunakan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa UPT SDN 33 Pinrang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada kelas V.1 dan V.2. Kelas V.1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas V.2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 orang. Data untuk hasil pada penelitian didapatkan melalui pemberian tes kemampuan membaca pemahaman berupa tes Pilihan Ganda dan essay yang setiap butir soalnya disesuaikan pada indikator Kemampuan membaca pemahaman yang terdapat pada materi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analisis statistik inferensial dengan Uji-T, menghasilkan nilai Sig (2tailed) = 0,000 < 0,05. Oleh karena itu H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian terdapat pengaruh kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.
Copyrights © 2025