Masalah yang terdapat pada penelitian ini ialah rendahnya keaktifan belajar kelas V pada UPTD SD Negeri 22 Parepare sehingga peneliti tertarik untuk membahas mengenai penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Kelas V UPTD SD Negeri 22 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini ialah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlahkan 23 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus Setiap siklus pada masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat perubahan terhadap respon peserta didik setelah dilakukannya penerapan model PBL. Pada proses pembelajaran siklus peserta didik mulai merespon guru pada saat proses pembelajaran berlangsung namun Sebagian peserta didik masih belum merespon guru pada saat tahap mengorientasikan permasalahan maupun pada saaat guru melempar pertanyaan kepada peserta didik. Sedangkan proses pembelajaran siklus 2, peserta didik mulai merespon guru dengan baik dan aktif dalam menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan proses dan keaktifan belajar pada kelas V UPTD SD Negeri 22 Parepare.
Copyrights © 2025