Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berbantuan media konkret terhadap hasil belajar siswa di kelas IV UPTD SDN 100 Dare Bunga-Bungae, Kabupaten Soppeng. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sampelnya adalah kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent Sample T-test. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berbantuan media konkret berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV UPTD SDN 100 Dare Bunga-Bungae, Kabupaten Soppeng.
Copyrights © 2025