Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora
Vol. 4 No. 2 (2025): Agustus: Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora (JISPENDIORA)

Menigkatkan Empati dan Pemahaman dalam Keluarga Melalui Storytelling

Fentiani, Siti Alifa (Unknown)
Zahra Qolby Zakiyah (Unknown)
Dewi Noviyanti (Unknown)
Sarma Sedina Sijabat (Unknown)
Zidinia Rahmawati Fahma (Unknown)
Nisa Khaila (Unknown)
Yani Achdiani (Unknown)
Sarah Nurul Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2025

Abstract

Keluarga memainkan peran penting dalam menumbuhkan kesadaran dan pemahaman seseorang terhadap orang lain. Namun, faktor-faktor kontemporer seperti kesibukan orang tua dan dampak teknologi digital menyebabkan komunikasi keluarga menjadi kurang baik. Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana bercerita, atau kegiatan bercerita, dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan empati dan ikatan emosional antar anggota keluarga. Penelitian ini menganalisis berbagai teori dan hasil empiris melalui metode studi literatur. Hasilnya menunjukkan bahwa cerita, selain berfungsi sebagai media hiburan, juga dapat berfungsi sebagai cara untuk berkomunikasi secara aman, reflektif, dan edukatif. Penyebaran cerita memungkinkan simulasi mental, yang membantu orang merasakan perasaan orang lain, membentuk tempat diskusi yang intim, dan menanamkan nilai-nilai keluarga secara mendalam. Jadi, cerita dapat digunakan sebagai metode komunikasi keluarga yang kontekstual dan aplikatif untuk mengatasi masalah dalam hubungan antar generasi di zaman sekarang..

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jispendiora

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan, serta menyalurkan minat berbagi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan kepada akademisi, mahasiswa, praktisi dan pemerhati ilmu pengetahuan. Redaksi menerima artikel penelitian terkait Ilmu Sosial, Pendidikan Dan ...