Media sosial telah menjadi wadah bagi konsumen untuk menyampaikan persepsi dan opini. Opini yang beredar tersebut berpotensi menjadi sumber data yang berharga bagi brand, termasuk Xiaomi, dalam memahami persepsi publik terhadap produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen dan mengidentifikasi topik diskusi pada unggahan (post) mengenai merek teknologi Xiaomi di platform X (sebelumnya Twitter) dengan pendekatan berbasis Transformer. Dua metode utama yang digunakan adalah fine-tuning IndoBERT untuk model klasifikasi sentimen dan BERTopic untuk pemodelan topik. Data yang berhasil dikumpulkan sebanyak 10.130 post dari bulan Mei 2023 hingga Mei 2025 yang dilanjutkan menuju tahapan praproses serta pelabelan. Model klasifikasi dilatih dengan berbagai kombinasi konfigurasi hyperparameter, dengan hasil pengujian terbaik menghasilkan nilai accuracy 79,8%, precision 73,0%, recall 67,7%, dan f1-score (macro) sebesar 0,699. Distribusi sentimen dalam data menunjukkan dominasi sentimen netral, sedangkan BERTopic berhasil menghasilkan 16 cluster topik dengan rata-rata nilai coherence (C_v) sebesar 0,5437. Topik paling dominan dengan jumlah anggota cluster terbanyak membahas mengenai produk Xiaomi Series dan Poco. Sementara itu, topik dengan persentase sentimen negatif tertinggi berkaitan dengan layanan service center dan sentimen positif tertinggi mengenai produk komputer tablet (tab) Xiaomi. Penggabungan hasil analisis sentimen dan topik memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap isu yang dibicarakan serta persepsi konsumen. Penelitian ini membuktikan bahwa kombinasi IndoBERT dan BERTopic efektif dalam menganalisis opini konsumen di media sosial serta memberikan wawasan strategis yang relevan bagi perusahaan untuk mengidentifikasi kekuatan dan potensi peningkatan yang dapat dilakukan.
Copyrights © 2025