Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi
Vol. 8 No. 4 (2025): Agustus - Oktober

Pengaruh Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Kantor Camat Woja Kabupaten Dompu

Puspitasari, Asti (Unknown)
Hayat, Nurul (Unknown)
Ramadhan, Risca Ariska (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kantor Camat Woja Kabupaten Dompu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelayanan publik, dengan nilai t hitung sebesar 9,814 > t tabel 1,666 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien regresi sebesar 0,765 menunjukkan adanya kontribusi nyata dari tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diterima. Penelitian ini menegaskan bahwa pelayanan publik yang cepat, jelas, dan responsif dapat meningkatkan kepuasan masyarakat, yang pada gilirannya memperkuat legitimasi pemerintah di tingkat lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PARADOKS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat tulisan ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, kajian teori dan aplikasi teori, gagasan konseptual, resensi buku baru dan bibliografi. Tulisan-tulisan yang dimuat telah melalui proses penyuntingan seperlunya oleh penerbit dengan tanpa mengubah substansi sesuai naskah aslinya. ...