Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 7, No 4 (2025): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbantuan I Spring Suite 10 untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika

Majid, Ahmad Farham (Unknown)
Nurfadillah, Nurfadillah (Unknown)
Ramadhani, Nurul Aulia (Unknown)
Al Fahrezi, Muh. Faiz (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Kemampuan literasi matematika siswa di tingkat sekolah menengah masih tergolong rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika khususnya pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar adalah dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pembelajaran interaktif berbantuan I Spring Suite 10 guna meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (RD) yang menerapkan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa kelas VIII.9 SMP Negeri 2 Sungguminasa. Instrumen yang dipakai meliputi lembar validasi ahli materi dan media, angket respon guru dan siswa, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, serta soal pretest dan posttest literasi matematika. Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran interaktif untuk materi bilangan berpangkat dan bentuk akar yang dikembangkan telah memenuhi standar valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, aplikasi pembelajaran interaktif berbantuan I Spring Suite 10 ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, terutama pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...