TARBIYATUNA : Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam
Vol. 6 No. 1 (2025): Juni 2025

PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-JIHAD SURABAYA

Muhammad Wildan Khadamul Haramain (Unknown)
Mufaizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Semua aspek kehidupan saat ini telah berkembang dengan sangat cepat. Termasuk prinsip-prinsip budaya yang tersebar luas dan dapat diakses di mana pun. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi dan informasi yang cepat. Perubahan zaman tidak dapat dihindari; hal ini menyebabkan perubahan pada kebudayaan kita, yang dapat berdampak baik atau buruk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Surabaya dalam membentuk karakter sosial santri. Pondok pesantren merupakan institusi pendidikan Islam tradisional yang tidak hanya mengajarkan ilmu agama tetapi juga mengembangkan praktik keagamaan sehari-hari. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan menggunakan metodologi kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan pesantren terhadap pengembangan karakter santri, khususnya di bidang moralitas, etika, dan keterampilan sosial. Sikap tolong menolong, bekerjasama, solidaritas, dan mandiri merupakan beberapa sifat karakter sosial yang dikembangkan. Menurut temuan penelitian, bersekolah di pesantren Al-Jihad membantu membentuk siswa menjadi orang dewasa yang bermoral tinggi, bertanggung jawab, dan juga memberikan kontribusi berharga kepada masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Tarbiyatuna

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

TARBIYATUNA (Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam) was published by the Institute for Research and Community Service (LPPM) IAIDA. TARBIYATUNA contains scientific articles from research in Education, Teaching and Learning which include : 1. Formal/School ...