Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media miniatur rumah dalam meningkatkan daya serap siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, khususnya True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttes Control Group Design dengan jumlah sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 40 siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Hikmah, Kabupaten Bone. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul, kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test, siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 82, sedangkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 71,67. Kemudian, diperoleh nilai T-hitung sebesar 3,992 dan T-tabel yang diperoleh adalah 2,018. Dari hal itu, dapat disimpulkan bahwa T-hitung > T-tabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttest pada kelas eksperimen dan kontrol. Kemudian, berdasarkan hasil uji N-Gain Score dengan perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 56% termasuk kategori cukup efektif. Dengan demikian, hasil penelitian ini menyatakan bahwa media miniatur rumah cukup efektif dalam meningkatkan daya serap siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah, khususnya di MIS Darul Hikmah.
Copyrights © 2025