Implementasi layanan bimbingan dan konseling di pendidikan anak usia dini (PAUD) sering diabaikan meskipun pendidikan menekankan pentingnya dukungan psikologis bagi anak-anak, sehingga pelaksanaan yang kurang maksimal membuat penerapan teknik-teknik bimbingan dan konseling efektif masih sering tidak berjalan optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi teknik-teknik bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di TK Darul Falah 2 Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, dengan pemilihan partisipan menggunakan purposive sampling. Data kemudian dianalisis secara interaktif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teknik-teknik bimbingan dan konseling di TK Darul Falah 2 telah berjalan dengan baik, teknik yang diterapkan berupa kolaborasi dengan orangtua, bermain sambil belajar, bermain peran, dan penggunaan media bergambar. Meskipun belum optimal, guru sudah mampu melaksanakannya dengan baik, namun mengakui masih membutuhkan pelatihan khusus terkait bimbingan dan konseling di taman kanak-kanak. Guru membutuhkan dukungan dari pihak sekolah dan dinas pendidikan untuk mendapatkan pelatihan lanjutan serta waktu yang memadai untuk pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling.
Copyrights © 2025