Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran ekstrakurikuler tari tradisional untuk menumbuhkan karakter disiplin dan percaya diri bagi anak. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian seluruh guru TK Dharma Wanita Jabang 1 yang berjumlah 4 dan 25 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data merujuk pada teori Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data secara menyeluruh dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler dapat berkontribusi besar terhadap pembentukan karakter anak karena dengan adanya program ini bisa menjadi ajang berlatih sehingga sebagian besar siswa-siswi di TK Dharma Wanita Jabang 1 mampu menunjukkan sikap disiplin dan percaya diri yang baik. Muatan nilai disiplin yang muncul dalam bentuk 3 aspek yaitu disiplin waktu, disiplin menaati peraturan, dan disiplin sikap. Sementara itu, muatan percaya diri anak ditunjukkan dari kemampuan anak mengatasi rasa gugup dan keberanian anak untuk tampil didepan umum, dalam hal ini guru berperan sebagai tauladan, pengajar praktik, dan motivator bagi anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025