Pembelajaran Seni yang dilaksanakan di tingkat Taman Kanak-Kanak, di mana sebagai pendidik kita diharapkan untuk merangsang kreativitas anak melalui penggunaan media yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pembelajaran Seni diterapkan pada anak-anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berfokus pada observasi objek dan pencarian fakta dengan interpretasi yang akurat. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam kepada pendidik yang dilaksanakan di TK Cendrawasih, yang berada di Desa Danau Lancang, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar. Proses analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, penampilan data, serta verifikasi dan penyimpulan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa memperkenalkan konsep Seni kepada anak dengan menggunakan media Finger painting dapat meningkatkan keterampilan seni anak prasekolah di TK Cendrawasih. Dampak dari penelitian ini adalah bahwa finger painting berperan penting dalam merangsang kreativitas anak yang mandiri, berimajinasi tinggi, dan mengasah bakat di bidang Seni.
Copyrights © 2025