Terapi ini berfokus pada pembentukan perilaku adaptif melalui pemberian stimulus dan konsekuensi yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak. Pendekatan ini bertujuan untuk membantu anak mengembangkan kemampuan dalam mengendalikan diri dan berperilaku sesuai dengan harapan lingkungan sosialnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengkaji secara mendalam pelaksanaan, strategi, hambatan, serta solusi dalam penerapan terapi perilaku pada anak berkebutuhan khusus usia dini, khususnya anak dengan perilaku hiperaktif di lingkungan pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku hiperaktif umumnya ditandai dengan kurangnya kemampuan anak dalam memusatkan perhatian, bertahan dalam satu aktivitas, serta kesulitan dalam mengendalikan impuls atau dorongan tiba-tiba. Oleh karena itu, strategi yang digunakan dalam terapi meliputi pengendalian aktivitas anak dengan pendekatan yang tepat, seperti merancang kegiatan terstruktur, menetapkan rutinitas yang konsisten, memberikan instruksi sederhana namun berulang, melibatkan anak dalam aktivitas fisik yang terkontrol, serta memberikan penguatan positif secara konsisten. Semua strategi ini telah diterapkan di PAUD Inklusi Saymara sebagai bentuk intervensi yang terarah dan berkelanjutan untuk membantu anak hiperaktif mengembangkan perilaku yang lebih positif, fokus, dan adaptif dalam lingkungan belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025