Media pembelajaranmerupakan salah satu cara untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan efektif. Seiring berkembangnya zaman, teknologi digital memberikan dampak yang signifikan pada bidang pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan media game interaktif digital guna memfasilitasi perkembangan bahasa pada anak usia dini. Fokus perkembangan bahasa yang diamati pada penelitian ini yaitu pada penggabungan kata untuk membentuk sebuah kalimat sederhana. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Munawwarah Pamekasan. Pendekatan yang dipergunakan pada penelitian ini mempergunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti ialah penelitian lapangan (Field Research). Teknis analisis data yang dipergunakan yakni model Miles, Huberman, dan Saldana. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi, sedangkan sumber data diperoleh dari sebagian siswa dan guru pengajar kelompok B1. Temuan penelitian yang diperoleh mengindikasikan penggunaan media game interaktif berbasis digital terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun memberikan dampak positif bagi siswa dan pendidik khususnya kelompok B1. Dalam aspek semangat belajar, konsentrasi, motivasi, dan perkembangan bahasa keaksaraan siswa semakin meningkat. Implikasi dari penelitian ini yaitu memberikan wawasan keilmuan yang baru berupa literasi digital dalam mengajarkan penyusunan kata berbasis game.
Copyrights © 2025