Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 2 (2025): April - Juni 2025

Penggunaan Metode Bernyanyi dan Tepuk Tangan dalam Mengenalkan Angka 1-10 pada Anak kelas Apel di SPS Nusa Indah 63

Faizah, Mila Auliyatul (Unknown)
Dahlan, Mukhtar Zaini (Unknown)
Prayogo, Basuki Hadi (Unknown)
Pinanta, Raden Roro Maya Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memegang peran penting sebagai pondasi pengembangan seluruh aspek perkembangan anak, termasuk pengenalan konsep dasar numerasi. Namun demikian, pengenalan angka di kelas PAUD sering kali masih dilakukan secara konvensional sehingga kurang menarik minat belajar anak. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih kreatif, kontekstual, dan menyenangkan melalui penerapan metode bernyanyi dan tepuk tangan dalam mengenalkan angka 1–10 pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek 10 anak kelompok Apel di SPS Nusa Indah 63. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru kelas, serta dokumentasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi dan tepuk tangan mampu meningkatkan antusiasme, daya ingat, konsentrasi, serta keterlibatan aktif anak dalam kegiatan belajar. Anak-anak tampak lebih fokus dan berani menghafal urutan angka sambil melakukan gerakan tepuk tangan sesuai jumlah bilangan. Selain itu, metode ini juga mempermudah guru dalam menciptakan suasana belajar yang hidup tanpa memerlukan media pembelajaran yang rumit. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode bernyanyi dan tepuk tangan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran numerasi di PAUD, serta membuka peluang pengembangan metode serupa untuk materi pembelajaran lainnya. Penelitian ini merekomendasikan agar guru dapat terus berinovasi dan memodifikasi lagu serta pola gerakan sesuai karakteristik anak dan materi yang diajarkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...