Kemajuan teknologi telah mendorong pergeseran minat anak-anak dari permainan tradisional menuju permainan digital berbasis gadget. Keterbatasan efisiensi waktu dalam permainan tradisional turut menjadi alasan rendahnya penggunaan oleh guru maupun peserta didik. Di sisi lain, lemahnya karakter peduli lingkungan pada anak usia dini menjadi latar belakang penting pengembangan media pembelajaran berbasis budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan engklek berbasis digital quiz sebagai sarana menanamkan karakter peduli lingkungan yang lebih menarik dan fleksibel bagi anak. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian berjumlah 14 anak kelompok A di TK Plus Al Ishlah Jenggawah (9 laki-laki dan 5 perempuan). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, validasi ahli, dan dokumentasi. Hasil validasi oleh ahli media mencapai persentase 95,5%, sedangkan validasi materi sebesar 93,3%. Implementasi menunjukkan 12 anak mampu menunjukkan sikap peduli lingkungan secara optimal, sementara 3 anak masih memerlukan bimbingan. Dengan demikian, media permainan engklek berbasis digital quiz dinyatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran karakter untuk anak usia dini.
Copyrights © 2025