Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran digital “Marbel Membaca” terhadap kesulitan membaca permulaan pada peserta didik kelas 1 SDN Sidokumpul. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya peserta didik yang mengalami hambatan dalam mengenali huruf, menyusun suku kata, serta membaca kata sederhana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental One Group Pretest-Posttest Design, dan melibatkan 33 siswa sebagai sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes lisan dengan 15 butir soal yang telah diuji validitas (r hitung tertinggi 0,951 > r tabel 0,344) dan reliabilitasnya (Cronbach’s Alpha = 0,769). Hasil uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal (p = 0,000), sehingga analisis dilanjutkan dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Z = -4,471 dan signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media “Marbel Membaca” terhadap kemampuan membaca permulaan. Dari 33 siswa, sebanyak 26 siswa mengalami peningkatan skor posttest dibandingkan pretest. Media ini terbukti efektif dalam meningkatkan aspek fonologis, kelancaran, artikulasi, dan motivasi belajar melalui fitur interaktif seperti suara, animasi, dan permainan edukatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi “Marbel Membaca” dapat menjadi solusi inovatif untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan dan layak direkomendasikan sebagai media bantu belajar di kelas awal sekolah dasar.
Copyrights © 2025