QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 3 (2025): 2025

Pengembangan Teknologi Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Pesantren di Madrasah Diniyah Al-Khoirot

Vina Lailatul Maskuro (Unknown)
Mirrohmatilla (Unknown)
Sita Acetylena (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2025

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat telah memberikan dampak besar terhadap dunia pendidikan, termasuk dalam ranah Pendidikan Agama Islam (PAI) yang kini dituntut mampu beradaptasi dengan inovasi digital tanpa meninggalkan nilai-nilai pesantren yang sarat spiritualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pengembangan teknologi pembelajaran PAI yang selaras dengan nilai-nilai pesantren dalam membentuk karakter religius dan akhlakul karimah santri. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi terhadap kegiatan pembelajaran di madrasah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan teknologi pembelajaran tidak hanya berfokus pada media digital, tetapi diwujudkan melalui keteladanan pendidik, pembiasaan ibadah, pembelajaran kitab kuning, penerapan sanksi edukatif, penguatan lingkungan sosial pesantren, doa bersama, sholat berjamaah, dhuha, tahajud, serta tradisi tawasul dan doa guru yang berkesinambungan. Temuan ini mengimplikasikan bahwa teknologi pendidikan nonfisik berbasis nilai pesantren mampu menjaga esensi pendidikan Islam sekaligus menjawab tuntutan era digital dalam membentuk generasi berilmu dan berakhlak mulia

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...