Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis berbagai literatur ilmiah mengenai peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen stratejik di sekolah dasar. Menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), sebanyak 100 artikel ilmiah yang diperoleh melalui Google Scholar dengan bantuan perangkat lunak Publish or Perish dianalisis, dan 11 artikel dipilih berdasarkan kriteria inklusi yang ketat. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepala sekolah memainkan berbagai peran strategis seperti pengambil keputusan, motivator, analis kebutuhan, inovator, dan agen perubahan. Selain itu, ditemukan berbagai bentuk strategi adaptasi yang diterapkan kepala sekolah, mulai dari penyusunan rencana strategis, penguatan budaya religius, pengembangan sumber daya manusia, hingga inovasi pembelajaran dan kolaborasi multi-pihak. Temuan ini menegaskan bahwa efektivitas manajemen stratejik sangat bergantung pada kepemimpinan kepala sekolah yang responsif, kolaboratif, dan transformatif. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi rujukan dalam penguatan kapasitas kepala sekolah dan perumusan kebijakan pendidikan dasar yang berorientasi pada mutu dan keberlanjutan.
Copyrights © 2025