Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat produktivitas dalam pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas V di SDN 1 Bunut Baok. Serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang efisien oleh guru dan siswa cenderung kesulitan dalam menangkap isi materi yang disampaikan oleh guru. Maka perlu adanya penggunaan metode pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran lebih efisien dan siswa lebih faham sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam pembelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini menggunakan model Zettelkasten Take Not On Go untuk meningkatkan produktivits belajar pada mata pelajaran bahasa indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari post test. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t-test diperoleh nilai t hitung > t tabel berarti H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh penerapan model Zettelkasten Take Not On Go terhadap tingkat produktivitas belajar siswa kelas V dalam pembelajaran bahasa indonesia di SDN 1 Bunut Baok, Kec Praya, Kabupaten Lombok Tengah
Copyrights © 2025