Journal of Innovation Research and Knowledge
Vol. 5 No. 3: Agustus 2025

PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KINERJA KEUANGAN HOTEL

Devi Tri Nugraheni (Unknown)
Baldric Siregar (Unknown)
Frasto Biyanto (Unknown)
Miswanto, Miswanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini secara khusus akan memfokuskan pada analisis pengaruh langsung digital marketing dan brand awareness terhadap kinerja keuangan hotel di Indonesia. Penelitian dilakukan pada dua hotel sebagai studi kasus dengan menggunakan data keuangan dan pemasaran periode 2023 hingga 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa secara empiris bagaimana digital marketing dan brand awareness berpengaruh terhadap kinerja keuangan hotel. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan regresi linear berganda, untuk menguji pengaruh digital marketing dan brand awareness terhadap kinerja keuangan hotel. Analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak statistik SPSS. Hasi penelitian ini adalah digital marketing terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return on Assets (ROA). Artinya, alokasi anggaran pada aktivitas pemasaran digital mampu meningkatkan efektivitas pengelolaan aset hotel dalam menghasilkan laba. Kedua, brand awareness juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. Peningkatan biaya promosi yang ditujukan untuk membangun citra dan pengenalan merek terbukti berdampak pada kinerja keuangan perusahaan. Ketiga, model regresi yang digunakan dalam penelitian ini dinilai layak, karena sebagian besar asumsi klasik telah terpenuhi. Meskipun terdapat indikasi autokorelasi ringan, model ini tetap dapat menjelaskan sekitar 36,5% variasi ROA selama periode observasi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIRK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Innovation Research and Knowledge, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, print version of ISSN: 2798-3471 and the online version of ISSN: 798-3641, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: Culture (a ...