Penelitian ini secara khusus akan memfokuskan pada analisis pengaruh langsung digital marketing dan brand awareness terhadap kinerja keuangan hotel di Indonesia. Penelitian dilakukan pada dua hotel sebagai studi kasus dengan menggunakan data keuangan dan pemasaran periode 2023 hingga 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa secara empiris bagaimana digital marketing dan brand awareness berpengaruh terhadap kinerja keuangan hotel. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan regresi linear berganda, untuk menguji pengaruh digital marketing dan brand awareness terhadap kinerja keuangan hotel. Analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak statistik SPSS. Hasi penelitian ini adalah digital marketing terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return on Assets (ROA). Artinya, alokasi anggaran pada aktivitas pemasaran digital mampu meningkatkan efektivitas pengelolaan aset hotel dalam menghasilkan laba. Kedua, brand awareness juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. Peningkatan biaya promosi yang ditujukan untuk membangun citra dan pengenalan merek terbukti berdampak pada kinerja keuangan perusahaan. Ketiga, model regresi yang digunakan dalam penelitian ini dinilai layak, karena sebagian besar asumsi klasik telah terpenuhi. Meskipun terdapat indikasi autokorelasi ringan, model ini tetap dapat menjelaskan sekitar 36,5% variasi ROA selama periode observasi
Copyrights © 2025