Journal of Social And Economics Research
Vol 7 No 1 (2025): JSER, June 2025

MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI PENDEKATAN CRM DI UMKM: STUDI PADA PT. ADABAN MAKMUR SUKSES

Golan Hasan (Unknown)
Josline (Unknown)
Jenny Kartika Dewi (Unknown)
Rebecca Friska (Unknown)
Kelvin (Unknown)
Rio Fernando (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik manajemen hubungan pelanggan (CRM) di PT Adaban Makmur Sukses, distributor resmi ban Goodyear di Kota Batam. Perusahaan mencatat nomor telepon setiap pelanggan yang melakukan transaksi, yang kemudian digunakan untuk komunikasi pemasaran dan layanan purna jual. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas strategi tersebut dan mengaitkannya dengan teori CRM yang relevan. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi awal yang dilakukan sudah sesuai dengan prinsip dasar CRM, namun masih terdapat kekurangan dalam segmentasi dan personalisasi pesan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social and economic research. Investigated the dynamics of teaching and learning of social education, and social and economic problems in society at the primary, senior, and high education ...