JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 2, No 3 (2025): Juli 2025

Implementasi Model Circuit Training untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Pedesaan

Majdin, Majdin (Unknown)
Rostati, Rostati (Unknown)
Firmansah, Firmansah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model circuit training terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar di wilayah pedesaan. Desain penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan model pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri atas 60 siswa kelas IV dan V SD Inpres Sangiang yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengikuti program circuit training selama 12 sesi, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani konvensional. Pengukuran kebugaran jasmani dilakukan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) pada tahap pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kebugaran jasmani siswa kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Rata-rata skor kebugaran jasmani kelompok eksperimen meningkat dari 55,00 menjadi 72,50, sedangkan kelompok kontrol hanya meningkat dari 54,80 menjadi 58,00. Temuan ini menunjukkan bahwa circuit training efektif diterapkan untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar, khususnya di wilayah pedesaan dengan keterbatasan fasilitas olahraga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan memuat hasil belajar dan pembelajaran, kajian konseptual dan hasil penelitian tentang Pendidikan dan Kebudayaan yang ada Sekolah dan Masyarakat pada umumnya yang dapat memberikan khasanah keilmuan. Jurnal ini terbit 4 kali dalam 1 tahun. Journal Title : JPK: ...