Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025)

Pengaruh Kecemasan Matematis (Mathematic Anxiety) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa kelas V SDS Kasih Bagi Bangsa

Laurenza, Dian (Unknown)
Rosyid, Ainur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya komponen yang mempengaruhi kemampuan siswa untuk menyelesaikan masalah matematis, peneliti memilih kedua variabel tersebut untuk dipelajari. Ketika siswa mengalami kecemasan matematis dapat berdampak positif apakah siswa menjadi terpacu untuk menyelesaikan pemecahan masalah matematis yang ada, atau berdampak negatif yang menurunkan kemampuan untuk memecahkan masalah matematis. Maka dari itu, pentingnya guru dalam membuat suatu inovasi yang baru dalam pembelajaran matematika agar menjadi suatu pembelajaran yang menarik sehingga terjadi suatu perubahan penurunan kecemasan matematis yang dihadapi oleh peserta didik. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas V. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur kecemasan matematis dan tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan uji parsial (t) yang menunjukkan bahwa signifkan 7.98 ˃ 1.699. Hasil ini menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...