Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam pendidikan inklusif di TK Mandiri Plus Lubuk Pakam. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan dua orang guru sebagai subjek untuk mengidentifikasi peran mereka sebagai fasilitator pembelajaran inklusif, akomodasi kebutuhan siswa, pendekatan pedagogi yang responsif, dan komunikasi dengan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif melalui pujian dan dukungan positif, serta menyediakan media pembelajaran yang sesuai untuk anak berkebutuhan khusus, khususnya anak dengan keterlambatan bicara (speech delay). Selain itu, guru juga aktif dalam menyesuaikan materi pembelajaran dan memberikan waktu tambahan untuk mendukung perkembangan siswa. Komunikasi yang baik antara guru dan orang tua juga terbukti penting dalam mendukung perkembangan anak. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya profesionalisme guru dalam pendidikan inklusif untuk memastikan semua anak, termasuk yang berkebutuhan khusus, dapat belajar secara optimal.
Copyrights © 2025