Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025)

Analisis Multi Modallitas Iklan Produk Susu Milkku

Raja, Desna Sartika Br Lumban (Unknown)
Simanjuntak, Dairi Sapta Rindu (Unknown)
Barus, Lusia Nanda Sari Br (Unknown)
Sirait, Dwika Sari Br (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis wacana multimodal dalam iklan produk susu Millku di YouTube. Menggunakan pendekatan analisis wacana multimodal, kajian ini menyoroti interaksi unsur verbal dan nonverbal dalam membentuk pesan dan citra produk. Latar belakang penelitian adalah perubahan strategi iklan yang kini menggabungkan teks, gambar, suara, dan tata letak visual. Metode yang digunakan bersifat kualitatif dengan teknik analisis konten dan simak. Data utama berupa video iklan Millku dianalisis menggunakan teori multimodal Kress & van Leeuwen. Unsur yang diteliti meliputi teks promosi, narasi, musik latar, ekspresi visual, dan tata letak. Hasil menunjukkan bahwa iklan Millku secara efektif memanfaatkan unsur multimodal untuk menciptakan suasana emosional positif, menonjolkan keunggulan produk, dan membangun kedekatan dengan konsumen. Musik lembut, narasi persuasif, dan visual keluarga bahagia menjadi strategi utama dalam memperkuat daya tarik iklan. Penelitian ini diharapkan memperkaya kajian strategi komunikasi visual dan analisis wacana multimodal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...