Kebiasaan berbelanja secara online membuat masyarakat cenderung melakukan pembelian impulsif. Secara Islam pembelian impulsif dianggap boros dan tidak bijak karena Islam mengajarkan untuk berbelanja dengan pertimbangan yang matang, mengendalikan diri dan menggunakan harta untuk hal-hal yang bermanfaat dan benar-benar dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon tanggal kembar dan online customer review secara parsial dan simultan serta perbedaan terhadap perilaku pembelian impulsif di marketplace dalam perspektif Islam pada masyarakat kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif dengan menyebarkan kuesioner. Hasil Penelitian menunjukkan diskon tanggal kembar secara parsial berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif e-commerce Shopee, sedangkan pada e-commerce Tokopedia tidak berpengaruh. Online customer review Shopee dan Tokopedia secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif. Diskon tanggal kembar dan online customer review secara simultan berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif Shopee dan tidak berpengaruh pada e-commerce Tokopedia. Variabel diskon tanggal kembar, online customer review, dan perilaku pembelian impulsif pada e-commerce Shopee dan Tokopedia tidak memiliki perbedaan yang signifikan. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025