Penanaman nilai karakter di sekolah dasar penting untuk membentuk generasi yang memiliki kepedulian sosial. Buku ajar Bahasa Indonesia memainkan peran strategis dalam menyampaikan nilai-nilai tersebut melalui narasi dan aktivitas yang kontekstual. Namun, tidak ada keselarasan antara teori pendidikan karakter dan praktik penerapannya dalam buku terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kajian isi , bahasa , penyajian , dan grafis dalam Bab V Buku Bahasa Indonesia Kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Data dikumpulkan dari dokumen utama berupa buku terbuka resmi, serta dijelaskan berdasarkan indikator dalam instrumen penilaian BSNP. Temuan utama Menunjukkan bahwa Bab V menyajikan kisah tokoh inspiratif anak-anak dunia yang memperkuat nilai kepedulian sosial. Bahasa yang digunakan umumnya komunikatif dan sesuai ketinggian, meskipun beberapa istilah asing belum dapat dijelaskan maknanya. Dari segi penyajian, materi dikemas secara sistematis dan melibatkan aktivitas partisipatif. Visualisasi ilustrasi mendukung pemahaman dan mendorong imajinasi siswa. Kesimpulannya , buku terbuka ini layak digunakan dalam pembelajaran berbasis karakter di sekolah dasar karena telah memenuhi standar isi, kebahasaan, penyajian, dan grafika menurut instrumen BSNP.
Copyrights © 2025