Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 4 (2025): Simposium Manajemen dan Bisnis

MEMBANGUN CITRA MERK MENU: STUDI KASUS STRATEGI PEMASARAN DI LEGAWA KOPI

sebo, Bimatara Aditya Christoper (Unknown)
Purnomo, Hery (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Legawa Kopi dalam membangun citra merek menu, serta bagaimana strategi tersebut memengaruhi persepsi dan keputusan pembelian konsumen. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi langsung terhadap konsumen serta dokumentasi konten media social, Teknik analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran visual dan naratif yang diterapkan Legawa Kopi, seperti penamaan menu yang unik, penggunaan media sosial, serta pelayanan ramah dan informatif, efektif dalam meningkatkan minat beli, kepercayaan, dan loyalitas pelanggan. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokus strategi citra merek berbasis menu, yang masih jarang dibahas dalam konteks pemasaran coffee shop lokal. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan strategis bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan pemasaran yang relevan dan berbasis pengalaman konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...