Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 4 (2025): Simposium Manajemen dan Bisnis

PENGARUH LIVE SHOPPING, PERSEPSI HARGA, E-WOM, CELEBRITY ENDORSER DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAAN PRODUK LANEIGE DI KALANGAN GENERASI MILENIAL INDONESIA

Oktavianti, Syalsabillah (Unknown)
Irawati, Nurul Rohmah (Unknown)
Andriani, Defi Dwi (Unknown)
Agustin, Rani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live shopping, persepsi harga, electronic word of mouth (E-WOM), celebrity endorser, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Laneige di kalangan generasi milenial Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 45 responden pengguna produk Laneige. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan kelima variabel independen memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun secara parsial, hanya variabel celebrity endorser yang memiliki pengaruh positif dan signifikan. Temuan ini menekankan pentingnya peran selebriti dalam strategi pemasaran bagi konsumen milenial dalam membuat keputusan pembelian. Sementara itu, aspek lain seperti live shopping, persepsi harga, E-WOM, dan kualitas produk tetap mempunyai pengaruh dan dianggap penting, namun secara individual tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Penelitian ini menawarkan kontribusi baru dengan mengintegrasikan lima variabel pemasaran digital kontemporer dalam menganalisis perilaku konsumen skincare Korea di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...