Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 4 (2025): Simposium Manajemen dan Bisnis

PENGARUH LIVE STREAMING, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN DISCOUNT TERHADAP MINAT BELI PRODUK TAS BOSTANTEN PADA FITUR TIKTOKSHOP

Triludfianingsih (Unknown)
Soeprajitno, Edy Djoko (Unknown)
Paramitha, Dyah Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming, online “customer reviews, dan diskon terhadap minat beli produk tas Bostanten di TikTokshop. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan regresi linear berganda pada 40 responden mahasiswa Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hasil uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat beli, dengan customer review sebagai variabel dominan (t = 4,649; sig. 0,000). Uji F menunjukkan bahwa live streaming, ulasan pelanggan, dan diskon berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat beli (F = 90,992; sig. 0,000), dengan Adjusted R² sebesar 0,865. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital berbasis interaksi visual, bukti sosial, dan insentif harga dapat meningkatkan minat beli konsumen. Implikasi praktisnya adalah penting bagi pelaku usaha untuk mengoptimalkan fitur TikTokshop secara terpadu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...