Cakrawala Linguista
Vol 8, No 1 (2025): Volume 8, Number 1 July 2025

Inovasi Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daljab) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di FKIP UNTIDAR

Mulyani, Mimi (Unknown)
Prasetyo, Riyan (Unknown)
Farikah, Farikah (Unknown)
Jendriadi, Jendriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) yang diselenggarakan pemerintah bertujuan mencetak pendidik profesional dengan kompetensi pedagogik, mencakup kemampuan menyusun tujuan pendidikan, memahami perkembangan peserta didik, memilih metode pembelajaran tepat, serta mengevaluasi hasil belajar. Implementasi kompetensi ini masih belum optimal. Berdasarkan observasi di kelas ditemukan ketidaksesuaian antara rencana dan praktik pembelajaran khususnya pada tahap membuka, mengelola, dan menutup pembelajaran. Selain itu, mahasiswa PPG Daljab belum sepenuhnya mampu mengaitkan pembelajaran dengan konteks dunia nyata dan menanamkan nilai karakter kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengkaji kompetensi pedagogik mahasiswa PPG Daljab FKIP UNTIDAR melalui analisis praktik mengajar yang direkam dalam bentuk video. Aspek yang diamati meliputi perencanaan pembelajaran, penampilan mahasiswa saat membuka, mengelola, menutup pembelajaran, serta pelaksanaan asesmen mencakup ranah kognitif, psikomotor, dan afektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul ajar yang disusun mahasiswa sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan kementerian, termasuk elemen identitas sekolah, kompetensi awal, profil pelajar Pancasila, hingga asesmen dan remedial. Mahasiswa PPG Daljab umumnya telah menguasai tujuh aspek kompetensi pedagogik, meskipun belum sepenuhnya optimal. Mereka mampu merancang strategi pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik, menjelaskan materi dengan jelas, mengembangkan kurikulum, serta menyusun modul ajar yang lengkap. Selain itu, mahasiswa dapat menggunakan media pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik dan berkomunikasi secara santun dan penuh empati. Evaluasi umumnya dilakukan di akhir pembelajaran. Temuan ini diharapkan menjadi dasar pengembangan program PPG untuk meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa, sehingga mampu mengelola pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Cling

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

CAKRAWALA LINGUISTA is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN 2597-9787 and p-ISSN 2597-9779 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Cakrawala Linguista has built Organization and Editorial team to ...